Email:sdn6tambakukir@gmail.com
Telepon:085232199192
SDN 6 Tambak Ukir mengembangkan media pembelajaran kreatif dalam bentuk permainan edukatif model kartu sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan minat belajar siswa, khususnya pada jenjang kelas rendah (kelas 1–3).
Permainan kartu ini digunakan untuk:
Membantu siswa memahami konsep dasar secara menyenangkan.
Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak.
Mendorong interaksi dan kerja sama antar siswa dalam suasana belajar yang santai.
Permainan kartu dibuat dalam bentuk kartu bergambar dan bertulisan, disesuaikan dengan tema pelajaran tertentu. Beberapa contoh jenis kartu yang digunakan antara lain:
Kartu Huruf dan Kata
Digunakan untuk mengenalkan huruf, membentuk kata sederhana, dan belajar membaca.
Kartu Angka dan Operasi Matematika
Digunakan untuk latihan penjumlahan, pengurangan, perkalian sederhana, dan mengenal angka.
Kartu Gambar Tematik
Menggunakan ilustrasi hewan, tumbuhan, profesi, atau benda sekitar sesuai tema pelajaran kelas 1–3.
Kartu Pasangan (Matching Card)
Siswa diminta mencocokkan dua kartu yang berkaitan, seperti gambar dan nama, soal dan jawaban, atau sinonim dan antonim.
Permainan dilakukan secara berkelompok kecil atau berpasangan.
Guru menjelaskan aturan permainan dan memberikan instruksi sederhana.
Siswa saling bergiliran mengambil kartu, menjawab pertanyaan, atau mencocokkan pasangan dengan waktu tertentu.
Kartu dibuat dari kertas tebal atau karton laminasi agar tahan lama.
Desain kartu dibuat menarik dengan warna cerah dan gambar ilustratif untuk menarik perhatian siswa.
Meningkatkan keterlibatan siswa selama pembelajaran.
Membantu guru menyampaikan materi dengan cara yang lebih variatif.
Cocok digunakan dalam kelas yang terbatas fasilitas, karena tidak memerlukan teknologi atau ruang khusus.